Tinjauan Sistem Berjalan
Pelaksanaan Kegiatan PMB
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas
Muhammadiyah Cirebon merupakan agenda tahunan
kampus yang dilakukan Universitas Muhammadiyah Cirebon. Pada tahun ini Universitas Muhammadiyah Cirebon membuka dan menyebarkan informasi
seluas-luasnya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada calon
mahasiswa tentang kampus Universitas Muhammadiyah Cirebon. Sebelumnya Universitas Muhammadiyah Cirebon hanya melakukan kegiatan pendaftaran secara manual,
mulai tahun depan Universitas Muhammadiyah Cirebon berencana untuk melakukan penerimaan
mahasiswa baru dengan sistem online.
Universitas Muhammadiyah Cirebon memiliki 4
fakultas yang siap menerima calon mahasiswa baru. Program studi tersebut
adalah Fakultas Teknik , Fakultas pendidikan, Fakultas Managemen, Fakultas Kesehata yang terdiri dari kelas regular dan karyawan. Animo masyarakat untuk masuk ke Universitas Muhammadiyah Cirebon sangat besar, ini dapat dilihat dari begitu banyaknya
calon mahasiswa yang mendaftar tahun ini.
Persyaratan Pendaftaran
Untuk melakukan pendaftaran calon
mahasiswa diwajibkan membawa persyaratan sebagai berikut :
1.
Photo Copy STTB/STK dan
DANUN/NEM SMA/SMK/MA
1.
Mengisi dan mengajukan formulir pendaftaran
2.
Menyerahkan uang pendaftaran
sebesar Rp.150.000,-
3.
Pas photo berwarna : 2 x 3 (3
lbr) dan 3 x 4 (3 lbr)
Prosedur Sistem Berjalan
Untuk menghasilkan rancangan sistem
baru yang diasumsikan dapat memperbaiki kinerja sistem yang ada, tahap pertama
yang harus dilakukan adalah dengan memelajari dan mengevaluasi prosedur sistem
yang sedang berjalan. Pemahaman terhadap sistem yang telah ada atau yang sedang
berjalan dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap bagaimana sistem
tersebut berjalan. Setelah itu, data dan arus informasi mengenai
sistem bersangkutan dapat diperoleh dengan melakukan penelitian
secara terperinci.
Prosedur Pendaftaran
Berdasarkan observasi yang telah
dilakukan, prosedur pendaftaran yang sedang berjalan pada pelaksanaan PMB
sebagai berikut :
1.
Pendaftar mengambil formulir
pendaftaran dari panitia.
2.
Pendaftar mengisi formulir
pendaftaran dan melengkapi persyaratannya.
3.
Pendaftar menyerahkan formulir
yang telah terisi beserta kelengkapannya kepada panitia.
Prosedur Laporan Data Pendaftar
Berdasarkan observasi yang telah
dilakukan, untuk prosedur pembuatan laporan data pendaftar yaitu selama
kegiatan PMB dibuka, laporan data pendaftar akan selalu dicetak sesuai
kebutuhan panitia PMB atau pada
saat direktur meminta.
Flowmap Sistem Berjalan
Analisis Masalah
Analisis masalah merupakan tahap
evaluasi dan peninjauan terhadap
masalah yang akan dibahas pada penyusunan laporan penelitian
hasil kerja praktek ini. Pembahasan pada sub-bab analisis
ini meliputi analisis sistem yang sedang berjalan, pengguna, perangkat lunak,
perangkat keras, dan kebutuhan data.
Setelah melakukan analisis dari hasil
peninjauan sistem berjalan, ada beberapa
kelemahan dari sistem tersebut diantaranya:
1. Pendaftar harus mengambil dan menyerahkan dokumen pendaftaran secara
langsung kepada pihak Panitia PMB Universitas Muhammadiyah Cirebon.
2. Proses pendaftaran secara manual kurang efektif dan efisien bagi
pendaftar dan Panitia PMB.
3. Penggunaan media kertas pada sebagian besar dokumen menyebabkan
penumpukan kertas dan pemborosan dana.
Dari semua masalah yang ada, maka
instansi merasa perlu untuk membangun sebuah aplikasi peneriamaan
mahasiswa baru berbasis web yaitu aplikasi pendaftaran online sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang
telah diungkapkan diatas.
Analisis Fungsional
Sistem penerimaan mahasiswa baru selama
ini masih dilakukan secara langsung yaitu pendaftar mengambil formulir
pendaftaran, mengisi formulir secara manual dan melengkapi
persyaratan kemudian menyerahkannya langsung kepada Panitia PMB. Panitia PMB
memeriksa kelengkapan dokumen yang diberikan kemudian membuat laporan untuk
diserahkan kepada direktur.
Analisis Pengguna
Di Politeknik Sukabumi terdapat
sebuah dewan panitia yang menangani penerimaan mahasiswa baru, namun yang
menggunakan aplikasi penerimaan mahasiswa baru berbasis web adalah beberapa
orang panitia yang juga akan bertindak sebagai administrator. Dari pihak
pendaftar, yang menggunakan aplikasi adalah siapa saja yang telah memenuhi
persyaratan untuk mendaftar menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon.
Berikut ini tugas dan wewenang
pengguna yang menggunakan aplikasi penerimaan mahasiswa baru berbasis web
yaitu:
1.
Administrator
Fungsi : Mengecek
data dan merawat website.
Tugas :
Memberikan konfirmasi dan laporan data pendaftar.
Wewenang : Menambah, mengubah, menghapus dan menampilkan data sesuai kebutuhan.
Tanggung Jawab : Menjaga validitas data.
2. Pendaftar
Fungsi :
Mendaftar secara online.
Tugas : Memasukkan data melalui borang yang tersedia. Wewenang :
Menambah dan melihat data.
Tanggung Jawab : Memasukkan data yang valid.
Setelah melakukan analisis terhadap
pengguna yang akan menggunakan aplikasi pendaftaran penerimaan mahasiswa baru
berbasis web ini, maka
pengguna dapat dibedakan berdasarkan tingkat kebutuhan yaitu:
Pengguna
|
Tanggung
Jawab
|
Tingkat
Pendidikan
|
Tingkat
Keterampilan
|
Pengalaman
|
Pendaftar
|
Merambah,
mengakses, dan mendaftar
|
Minimal SMA atau sederajat
|
Mengetahui internet
|
Minimal menggunakan
Internet
Explorer
|
Administrator
|
Mengecek Utilitas aplikasi
|
Minimal
D3
|
Mengerti basisdata dan
pemrograman
|
Minimal menggunakan
basisdata MySql dan
PHP
|
Berdasarkan analisis yang dilakukan,
petugas yang akan memepergunakan aplikasi sudah mengenal internet dan mengerti
mengenai perangkat lunak yang akan akan
dibuat, namun petugas tersebut harus mempelajari basisdata
lebih lanjut. Hal tersebut
dikarenakan para petugas harus bisa memasukkan data sendiri ke basisdata tersebut.
Bagi pendaftar tidak terlalu harus mengerti mengenai
aplikasi ini. Mereka hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada dan
harus mengenal internet terlebih dahulu.
Analisis Perangkat Lunak
Spesifikasi perangkat lunak untuk membangun aplikasi ini
adalah sebagai berikut:
1.
Sistem operasi Windows 7.
2.
PHP untuk koneksi ke basis data
dengan script PHP.
3. Pengedit Teks untuk penulisan script
PHP dengan Dreamweaver.
4. Basis data MySQL.
5. Perambah Internet Explorer versi 8.0.7600.16385
Analisis Perangkat Keras
Perangkat lunak yang dibutuhkan berdasarkan
kebutuhan minimal yang harus terpenuhi antara lain:
1.
Server
Prosesor Core i3
RAM 4 Gb
Hard Disk 500 Gb
Mouse, Keyboard dan Monitor
sebagai peralatan antarmuka
2. Client
Prosesor Dual Core
RAM 512 Mb
Hard Disk 40 Gb
Mouse, Keyboard dan Monitor
sebagai peralatan antarmuka
Analisis Data
Analisis Kebutuhan Fungsional
Diagram Konteks Sistem Berjalan
Diagram konteks merupakan diagram alir data tingkat atas yang menggambarkan aliran-aliran data dalam sistem. Diagram konteks berfungsi menentukan model lingkungan yang dipresentasikan dengan lingkungan tunggal yang memenuhi seluruh sistem. Berikut ini merupakan diagram konteks sistem berjalan pada Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Muhamdiyah:
DFD PMB LEVEL 0
Perancangan
Setelah melakukan analisis terhadap
sistem yang akan dibuat maka langkah selanjutnya adalah membuat suatu
perancangan sistem sebagai usulan pengembangan sistem. Pembahasan pada bab
pereancangan ini meliputi perancangan data, perancangan antarmuka dan jaringan semantik.
perancangan sistem penerimaan
mahasiswa baru berbasis web ini terbagi menjadi dua modul utama, antara lain :
a.
Modul Administrator
Modul ini digunakan oleh panitia PMB yang bertindak
sebagai administrator, dimana pada modul ini terdapat fasilitas untuk perawatan
website, melakukan penambahan, pengeditan, penghapusan serta penyimpanan pada
data calon mahasiswa, dan informasi lain mengenai pendaftaran online.
b.
Modul Pendaftar
Modul ini digunakan oleh pendaftar atau calon mahasiswa, dimana pada
modul ini terdapat fasilitas-fasilitas yang telah disediakan, antara lain :
1. Mengisi formulir pendaftaran online
2. Mengunggah Dokumen
3. Mengunduh formulir yang telah terisi dan divalidasi
4. Melihat informasi yang berkaitan dengan PMB
Perancangan Data
Setelah perancangan sistem, maka
untuk mengimplementasikan sistem tersebut ke dalam bentuk yang lebih nyata,
perlu dibangun basis datanya. Diperlukan 5 tabel untuk membuat basis data
pendaftaran online pada Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Cirebon Berbasis Web.
0 komentar:
Posting Komentar